Tuesday 15 May 2012

Mirage

Dassault MD.452 Mystère merupakan sebuah pesawat tempur buatan Perancis pada tahun 1950-an.
 Dassault Mystere II.jpg



Neuron Dassault adalah sebuah pesawat eksperimental Unmanned Combat Air Vehicle (UCAV) yang dikembangkan oleh perusahaan Perancis Dassault Aviation.
 Dassault nEUROn.jpg


Dassault Rafale (dijuluki sebagai Squall dalam Bahasa Inggris) adalah pesawat tempur serbaguna generasi ke-4.5, bermesin dua, dan bersayap delta asal Perancis yang dibuat oleh Dassault Aviation. Rafale dirancang sebagai pesawat berpangkalan di daratan maupun di kapal induk.
Rafale adalah wujud dari program standardisasi ambisius Militer Perancis untuk visi 2025-2030, yakni sebagai pengganti lima pesawat yang bertugas di Angkatan Udara Perancis dan Angkatan Laut Perancis. Rafale dapat diperlengkapi dengan senjata nuklir. Selain untuk digunakan di negara asalnya, pesawat ini juga dijual untuk kebutuhan ekspor. Meskipun beberapa negara menyatakan minatnya untuk memiliki Rafale, namun belum ada nota resmi pemesanan lintas-negara yang disepakati.
 Rafale-ec-1-7.jpgRafale B at Paris Air Show 2007.jpg Dassault Rafale B.jpgRafale LukeAFB.jpgRafale-2.jpgDassault Rafale DSC04183.JPGRafale 3-vues.jpg

Eurofighter Typhoon adalah sebuah pesawat tempur multi peran delta-canard bermesin ganda super lincah, dirancang dan dibuat oleh sebuah konsorsium negara-negara Eropa yang dibentuk pada 1983. Dalam rancangan dia menyerupai pesawat tempur modern Eropa lainnya, Dassault Rafale Perancis dan Saab Gripen Swedia. Karena kombinasi kelincahan, fasilitas stealth dan sistemnya yang modern dia dipandang luas sebagai pesawat tempur hebat
 Eurofighter Typhoon 2.jpg    Eurofighter TyphoonEurofighter 9803.ogg


Sukhoi Su-33 (kode NATO: Flanker-D) adalah pesawat tempur angkatan laut yang dikembangkan oleh Sukhoi pada tahun 1982 untuk dipakai di atas kapal induk. Pesawat ini merupakan pengembangan dari Su-27, dan sebelumnya diberi nama Su-27K. Perbedaan Su-27 dengan Su-33 adalah Su-33 dilengkapi peralatan untuk diluncurkan dan mendarat di kapal induk (seperti cantolan belakang dan sayap lipat), dapat dipasang canard, dan dapat mengisi bahan bakar di udara. Sesuai dengan misinya, pesawat ini bisa dianggap sebanding dengan F-14 Tomcat Amerika Serikat, sedangkan MiG-29K 'Fulcrum-D' sebanding dengan F/A-18 Hornet.

Sukhoi Su-33 on Admiral Kuznetsov-1.jpgSukhoi Su-33 on Admiral Kuznetsov-2.jpg Sukhoi SU-33Su27K (Su33) DD-SD-99-06153.jpgSukhoi Su-33 on Admiral Kuznetsov-3.jpgSu-33 Front.jpgRussian Navy Sukhoi Su-33.jpg 

Saab JAS 39 "Gripen" (Griffin) adalah sebuah pesawat tempur dari Swedia yang diproduksi oleh Saab. Pesawat ini dijual oleh perusahaan Gripen International, sebuah joint venture antara Saab dan BAE Systems. Pesawat ini sudah dipakai oleh angkatan udara Swedia, Ceko, dan Hungaria,[1] serta sudah dipesan oleh Afrika Selatan[2] dan Thailand

 2006JASGripen3JM.jpgILA 2008 PD 113.JPG    Saab JAS 39 "Gripen"

Rb15.JPG 

Chengdu J-10 (歼十, Jian-10) adalah pesawat tempur multi peran yang dirancang dan diproduksi Chengdu Aircraft Industry Corporation (CAC) untuk Angkatan Udara Tiongkok. Didesain sebagai pesawat tempur dan pesawat pengebom ringan segala cuaca.

 China airforce J-10.jpg

Chengdu J-10.svg 

F-16 Fighting Falcon adalah jet tempur multi-peran yang dikembangkan oleh General Dynamics (lalu di akuisisi oleh Lockheed Martin), di Amerika Serikat. Pesawat ini awalnya dirancang sebagai pesawat tempur ringan, dan akhirnya ber-evolusi menjadi pesawat tempur multi-peran yang sangat populer. Kemampuan F-16 untuk bisa dipakai untuk segala macam misi inilah yang membuatnya sangat sukses di pasar ekspor, dan dipakai oleh 24 negara selain Amerika Serikat.[1] Pesawat ini sangat popular di mata international dan telah digunakan oleh 25 angkatan udara. F-16 merupakan proyek pesawat tempur Barat yang paling besar dan signifikan, dengan sekitar 4000 F-16 sudah di produksi sejak 1976. Pesawat ini sudah tidak diproduksi untuk Angkatan Udara Amerika Serikat, tapi masih diproduksi untuk ekspor.

F-16 dikenal memiliki kemampuan tempur di udara yang sangat baik, dengan inovasi seperti tutup kokpit tanpa bingkai yang memperjelas penglihatan, gagang pengendali samping untuk memudahkan kontrol pada kecepatan tinggi, dan kursi kokpit yang dirancang untuk mengurangi efek g-force pada pilot. Pesawat ini juga merupakan pesawat tempur pertama yang dibuat untu menahan belokan pada percepatan 9g.
Pada tahun 1993, General Dynamics menjual bisnis produksi pesawat mereka kepada Lockheed Corporation, yang kemudian menjadi bagian dari Lockheed Martin setelah merger dengan Martin Marietta pada tahun 1995.
 F-16 Fighting Falcon.jpgOrthographically projected diagram of the F-16. 
Dassault Super Mystère adalah pesawat tempur-pembom Perancis, pesawat supersonik pertama dari Eropa Barat yang memasuki produksi massal.
 SuperMystereB2.JPG

MiG-19 (bahasa Rusia: Микоян и Гуревич МиГ-19) (kode NATO "Farmer") adalah pesawat tempur jet Uni Sovyet. Ini adalah pesawat pertama Uni Soviet yang mampu terbang dengan kecepatan supersonik. Pesawat ini pertama terbang pada tahun 1953.
Tercatat Indonesia pernah memiliki pesawat jenis ini yang pada akhirnya disumbangkan kepada Pakistan yang digunakan untuk menghadapi India dalam perang India-Pakistan bersama bantuan sebuah kapal selam kelas Whiskey lengkap dengan awak kapal selam TNI-AL.
 MiG-19.JPGMikoyan-Gurevich MiG-19S Farmer USAF.jpgBerkas:MiG-19 3-view drawing.svg 

Dassault Étendard IV adalah sebuah pesawat tempur supersonik "strike" untuk kapal induk yang dirancang untuk layanan Angkatan Laut Perancis.
 Dassault Étendard IVM.jpg 

Dassault-Breguet Super Étendard( Perancis untuk "pertempuran standar") adalah sebuah pesawat tempur yang dibawa kapal induk Perancis dirancang untuk layanan dengan Angkatan Laut Perancis. Pesawat memasuki layanan pada bulan Juni 1978 dan pertama kali digunakan dalam pertempuran oleh Argentina selama 1982 Perang Falklands.
 Super Etendard 070412-N-8157C-307.JPEGOrthographically projected diagram of the Dassault-Breguet Super Étendard.SUEreabasteciendo1.jpg040617-N-8213G-154.jpg

No comments:

Post a Comment